Minggu, 07 Mei 2017

Isu Heboh, Benarkah Jakarta Turun Salju Di Tengah Kota?

BANDARQ


Bandarq - Isu Heboh, Benarkah Jakarta Turun Salju Di Tengah Kota?

Media sosial dihebohkan dengan kabar burung saat Jakarta diguyur hujan beberap hari yang lalu. Belum diketahui pasti apakah benar kabar Jakarta di hujani salju atau hanya kebetulan saja, Namun Badan Metereologi Klimotologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan hasil analisisnya.

"Kami masih melakukan proses analisis, kita pastikan apa benar ada salju atau hanya busa," kata prakirawan BMKG, Laode Nurdiyansyah, kepada detikcom, Sabtu (6/5/2017).

BMKG bahkan menduga benda putih-putih yang berceceran di jalanan itu sebagai busa. Meski begitu, BMKG tak mau terlalu cepat mengambil kesimpulan.

"Kami sedang menganalisis data cuaca, seperti data citra radar dan citra satelit cuaca," kata pria yang akrab disapa Yan itu.

Dia menjelaskan, Indonesia adalah negara beriklim tropis, suhunya cukup hangat. Di kawasan tropis, apalagi Jakarta, sulit sekali ada salju yang turun.

Isu Heboh, Benarkah Jakarta Turun Salju Di Tengah Kota?
Bandarq - "Secara metereologis tidak memungkinkan saat ini turun salju di Jakarta. Kalau butiran es, memungkinkan. Namun butiran es juga tidak akan sebanyak itu sebagaimana video yang beredar di internet," tutur Yan. Bandarq

Dilansir dari laman Liputan6, Corporate Secretary PT MRT Jakarta, Hikmat menyatakan, benda berwarna putih tersebut merupakan buih busa yang berasal dari proyek MRT bawah tanah di Jalan Sudirman.

"Busa dari proses tunnelling (pembuatan terowongan)," ungkap Hikmat saat dikonfirmasi, Sabtu (6/5/2017).

Menurut dia, buih limbah itu muncul ke jalan karena air hujan. Meski begitu, dia memastikan limbah proyek MRT itu tidak membahayakan.

"Busa bisa naik (ke jalan) karena air hujan. Tapi itu dari bahan yang ramah lingkungan kok," tegas Hikmat.

Saat ini, lanjut dia, buih limbah yang sempat dikira salju itu telah dibersihkan pihak kontraktor. "Sekarang sudah dicek sudah bersih," Hikmat memungkas.

0 komentar:

Posting Komentar