Kamis, 08 Juni 2017

Fakta Dibalik Topi Yang Selalu Miring Dikenakan Soekarno

DOMINO 99


Fakta Dibalik Topi Yang Selalu Miring Dikenakan Soekarno

Soekarno adalah seorang proklamator Indonesia yang lahir pada rumah sakit sederhana di Surabaya pada tanggal 6 juni 1901. Lahirnya Soekarno pada bulan Juni yang saat ini menjadi bulan ke Sang Proklamator yang membawa kemerdekaan Indonesia.

Bulan Juni merupakan bulan kelahiran Presiden Pertama Indonesia, Soekarno. Sang Proklamator tersebut lahir pada 6 Juni 1901. Soekarno dilahirkan di sebuah rumah sederhana yang ada di Surabaya.

Saat remaja Soekarno merupakan seorang yang sangat kritis. Terlebih, saat memasuki usia remaja, Sukarno juga mendapatkan bimbingan langsung dari tokoh bangsa lainnya, yaitu HOS Cokroaminoto.

Itu terjadi ketika Soekarno tinggal di rumah Cokroaminoto sebagai anak kos. Cokroaminoto merupakan tokoh organisasi terbesar di Indonesia saat itu, Sarekat Islam.
Domino 99 - Fakta Dibalik Topi Yang Selalu Miring Dikenakan Soekarno
Domino 99 - Selain Soekarno, di rumah Cokroaminoto sebenarnya juga ada beberapa orang lainnya yang pada kemudian hari menjadi tokoh berpengaruh di Indonesia.

Saat berada di mana saja, Soekarno memang selalu tampil necis dan parlente. Beranjak dewasa Soekarno mulai sering mengenakan peci berwarna hitam.

Alasan Soekarno mengenakan peci warna hitam karena dia ingin mengangkat identitas bangsa Indonesia. Tidak hanya itu dia juga ingin menggunakannya sebagai sebuah simbol perjuangan.

Meski demikian, tidak banyak yang mengetahui Soekarno rupanya selalu mengenakan pecinya dengan gaya yang agak berbeda. Tepatnya, peci yang dikenakan oleh Soekarno selalu dalam posisi agak miring.

Ada alasan khusus bagi Soekarno mengenakan pecinya agak miring, yaitu untuk menutupi luka di dahinya. RM Soeharyono, keponakan RM Soemosewoyo, yang juga bapak angkat Bung Karno mengatakan Soekarno memang memiliki bekas luka.

Bekas luka itu didapatkannya waktu Sukarno bermain saat masih kecil. Saat itu Soekarno terjatuh dari pohon beringin, dan dahinya mengalami luka hingga meninggalkan bekas.

Tapi, walau selalu mengenakan agak miring, pria yang dijuliki Putra Sang Fajar itu tetap keren kan?

0 komentar:

Posting Komentar