Kamis, 01 Juni 2017

Bank Indonesia Keluarkan Kebijakan Undang-Undang Redenominasi Pada Uang Rupiah

DOMINO 99


Bank Indonesia Keluarkan Kebijakan Undang-Undang Redenominasi Pada Uang Rupiah

Bank Indonesia baru-baru ini akan mengeluarkan peraturan tentang redenominasi pada uang rupiah. Tertulis pada Undang-undang redenominasi yang selesai tahun depan, butuh masa transisi selama 7-8 tahun sebelum berlaku aktif sepenuhnya.

"Redenominasi mata uang itu untuk transisinya 7-8 tahun," kata Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus Martowardojo, saat berbincang di kantornya, Jakarta, Senin malam (30/5).


Domino 99 - Bank Indonesia Keluarkan Kebijakan Undang-Undang Redenominasi Pada Uang Rupiah
Domino 99 - BI akan menjalankan sosialisasi secara bertahap kepada masyarakat. Mulai dari pengenalan redenominasi lewat berbagai media hingga praktik di lapangan. Dimungkinkan kedua jenis uang akan berlaku pada kesempatan yang sama, sembari penarikan uang jenis lama dilakukan. Domino 99

Masa transisi selama 7 tahun dinilai cukup. Indikatornya adalah realisasi pada banyak negara dan kondisi Indonesia yang sangat luas. "Makanya itu transisinya minimum 7 tahun," imbuhnya.

Agus menuturkan pentingnya redenominasi berkaitan dengan reputasi Indonesia di dunia Internasional. Dalam hal yang sederhana, redenominasi akan menimbulkan efisiensi di tengah masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan perbankan.

"Redenominasi itu baik untuk reputasi ekonomi Indonesia dan efisiensi dan akuntabilitas," tegas Agus.

0 komentar:

Posting Komentar