Minggu, 16 Juli 2017

Seekor Anak Macan Tutul Menyusui dan Anggap Singa Sebagai Induk

DOMINO 99


Seekor Anak Macan Tutul Menyusui dan Anggap Singa Sebagai Induk
Sebagai makhluk pemangsa daging, seekor singa dihebohkan dengan fotonya yang sedang menyusui seekor bayi macan tutul. Jika dalam kondisi normal, bayi tersebut dapat dimangsa oleh sang singa karena termasuk kedalam rantai makanan secara alami.

Ilmuwan mengatakan, kondisi serupa--menyusui antar spesies predator--belum pernah terjadi di Serengeti.

Singa betina itu diketahui bernama Nosikitok. Ia terlihat menyusui bayi macan tutul satu kilometer di luar sarangnya. Singa berumumr 5 tahun itu meninggalkan tiga bayi aslinya yang juga baru lahir 28 Juni lalu.

Umur bayi macan tutul hampir sama dengan umur ketiga bayi Nosikitok. Kurang lebih berumur 3 minggu.

Domino 99 - Seekor Anak Macan Tutul Menyusui dan Anggap Singa Sebagai Induk
Domino 99 - Hingga berita ini diturunkan, tidak jelas kemana perginya ibu kandung bayi macan tutul. Tidak diketahui secara jelas pula, apakah Nosikitok merawat bayi rentan itu secara penuh atau tidak. Domino 99

"Ini tidak pernah terjadi sebelumnya. Induk singa biasa menyusui anak singa yang lain, tapi tidak anak macan tutul," kata Dr Luke Hunter, Presiden Panthera, organisasi yang mempelajari perilaku kucing-kucing besar di Afrika.

Foto-foto yang menunjukan kedekatan antara singa dan bayi macan tutul diambil pada Selasa, 11 Juli 2017 di sekitar penginapan Joop Van Der Linde Serengeti. Dr Hunter menggambarkan Nosikitok sebagai induk yang tangguh, saat menyusui ia menjadi sangat ganas dan protektif.

Dr Hunter menduga, induk singa dipengaruhi hormon oksitosin. Hormon itu menggerakan naruri keibuan singa untuk merawat bayi macan tutul.

"Peristiwa ini tak akan terjadi jika singa tidak sedang menyusui bayinya sendiri," kata Hunter.

Hunter menambahkan, alangkah lebih baik jika bayi macan tutul bisa kembali ke induknya.

0 komentar:

Posting Komentar