Senin, 03 Juli 2017

Demi Tangkap Bandar Narkoba, Pemerintah AS Sadap Percakapan Telepon Gengam Tahun 2016


Domino 99 - Pemerintan AS telah memerintahkan kepada aparat kepolisian untuk melakukan penyadapan terhadap beberapa sambungan telepon yang dilakukan warga. Telah diketahui ada sekitar tiga juta sambungan telepon warga yang telah disadap.

Upaya penyadapan itu dilakukan selama dua bulan oleh sebuah lembaga negara yang dirahasiakan. Kabar ini menjadi sorotan publik setelah muncul di situs ZDNet.

"Penyadapan oleh pemerintah federal paling gencar terjadi ketika penyelidikan narkotika di Distrik Tengah Pennsylvania dan hasilnya adalah sebanyak 3.292.385 rekaman telepon dan pesan," kata laporan Penyadapan 2016, seperti dilansir laman Russia Today, Minggu (2/7).

Penyadapan telepon itu dilakukan untuk membekuk 26 orang diduga terlibat aktivitas narkoba di Pennsylvania. Ongkos penyadapan itu menelan biaya USD 335 ribu dan sejauh ini sudah sekitar belasan orang ditangkap.

Domino 99 - Demi Tangkap Bandar Narkoba, Pemerintah AS Sadap Percakapan Telepon Gengam Tahun 2016
Namun tak satu pun dari tersangka yang ditangkap dinyatakan bersalah dan diadili karena kurang bukti. Hal itu membuktikan upaya penyadapan kurang efektif. Domino 99

"Mereka menghabiskan dana untuk melacak 26 orang dan merekam pembicaraan telepon tiga juta warga dan kemudian hasilnya nihil. Saya tidak heran dengan hasil ini karena rata-rata memang kecil persentasenya dari hasil rekaman pembicaraan bisa memeberatkan tersangka," kata Direktur Stanford Law School Center for Internet dan Society kepada ZDNet.

0 komentar:

Posting Komentar